Sunday, March 8, 2015

SAAT UMUR BERTAMBAH (Ulang Tahunku)

Tanggal 8 Maret 2015 maka usiaku menjadi 51 Tahun, anak dan istriku sibuk menyiapkan bingkisan Ulang Tahun untukku - sederhana saja dan ciuman Selamat Ulang Tahun. Kawan-kawanku juga tidak lupa mengucapkan Selamat Ulang TahunUlang tahun adalah hari kelahiran seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di dunia. Perayaan ulang tahun di jaman sekarang biasa dilakukan dengan mengadakan pesta atau syukuran.

Pemberian hadiah juga kerap dilakukan, yang merupakan lambang atau tanda ucapan selamat yang ditujukan untuk orang yang berulang tahun.

Zaman sekarang ini, banyak sekali yang sudah multi tafsir makna dari Ulang Tahun itu. Mulai dari perayaan yang dilakukan orang yang merayakan Ulang Tahunnya itu. Seperti contoh, untuk sekarang ini banyak sekali dari anak-anak muda yang merayakan ulang tahunnya dengan sebuah pesta yang meriah dan mewah, mentraktir dan mengundang teman atau kerabat dekat untuk meriahkan di hari yang paling ditunggu-tunggu karena dapat membuat pesta mewah dan sebagainya.

Sebenarnya tidak ada salahnya dalam memaknai hari Ulang Tahunnya dengan membuat sebuah pesta atau acara sesuai keinginan masing-masing, hanya saja jangan MELUPAKAN MAKNA SEBENARNYA ULANG TAHUN ITU SENDIRI.

Pertama, mari lah kita sama-sama mendefinisikan kembali arti dari ulang tahun itu. Ulang tahun merupakan hari kelahiran seorang anak baru di dunia ini atas karunia Tuhan Yang Maha Esa melalui seorang tubuh Perempuan/Ibu dengan cara melahirkan. Yang perlu kita renungkan bersama adalah di detik-detik menegangkan seorang Ibu melahirkan seorang Anak, seorang Ibu rela mempertaruhkan hidupnya sendiri demi sang anaknya, Nah Kenapa bisa begitu ???

Karena pada saat Ibu kita melahirkan, Ibu kita berada dalam dua pilihan, yaitu antara hidup dan mati demi untuk melahirkan kita. Nah misalkan sekarang ini, sudah mengetahui kondisi seperti itu, ketika setiap tahun menjelang ulang tahun dengan mengingatnya dengan sebuah perayaan yang meriah dan mewah-mewah bersama kerabat atau teman sudahkah tepat sasaran atau belum ??? Silakan dijawab sendiri dalam hati saja. Coba lah direnungkan bersama, Ibu kita bersusah payah melahirkan kita pada waktu itu dengan mempertaruhkan nyawa sendiri, sedangkan kita setelah terlahir di dunia ini seakan-akan lupa mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Ibu, karena tanpa mereka kita ini tidak mungkin bisa berada di dunia saat ini. Masih pantas kah kita mengingat ulang tahun kita dengan sebuah pesta yang mewah bersama teman atau kerabat, disamping kita tidak pernah mengucapkan rasa terima kasih kepada Ibu kita telah melahirkan kita dan seharusnya mengingat Hari Ulang Tahun cukup lah di rayakan dengan penuh rasa syukur dan terima kasih bersama kedua orang tua kita, Terutama ibu kita.

Sekali lagi, bukan berarti merayakan Hari Ulang Tahun dengan pesta itu salah, Bahwa merayakan Ulang Tahun dengan sebuah Pesta tidak lah pernah salah dan berhak dilakukan siapapun yang inginkan melakukannya hanya ingatlah apa tujuan kita merayakan Ulang Tahun itu, apa makna sesungguhnya Ulang Tahun itu, dan janganlah kita riya dan berpoya-poya saat merayakan Ulang Tahun kita.

"Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran " ..... QS , AL-ASR

Hal ini berarti bahwa sesungguhnya makin panjang usia kita (masa kita hidup didunia) maka makin banyak kerugian yang kita alami, kecuali......

"Selamat ulang tahun semoga panjang umur ....",  ucapan ini sering kita dengar dan sering kita terima terutama pada saat bertepatan dengan hari kelahiran kita.

Saat kita semakin bertambah usia dan semakin dewasa dari waktu ke waktu, ada hal yang kita lupakan dari semua kebahagiaan itu, bahwa secara tidak sadar dengan bertambahnya usia kita maka kita menjadi semakin tua dan tua, dan akhirnya mati, maka sudah seharusnya, sudah waktunya dan saatnya kita bertaubat dan menanam benih kebajikan sebagai bekal kita, sebagai warisan kita pada anak-anak kita.

Umur kita milik Allah dan ketentuan sampai kapan hak pakai terhadap umur kita hanya Allah Yang Maha mengetahui ...

Hari kelahiran atau yang sering disebut hari ulang tahun,sesungguhnya adalah perhitungan waktu setahun kita menjauh dari batas awal kelahiran kita, dan perhitungan setahun kita mendekat pada batas akhir umur yang disediakan Allah untuk kita ..... KEMATIAN.

Perayaan ulang tahun sering kita rayakan dengan acara pesta gemerlap, padahal secara tidak sadar kita telah merayakan berkurangnya jatah waktu kita,tetapi marilah ulang tahun kita jadikan sebagai moment perenungan atas sisa waktu yang kita miliki, moment sebagai introspeksi diri, muhasabah dengan apa yang sudah pernah kita perbuat serta ber ISTIGHFAR atas dosa dan kesalahan kita .... mari sisa usia kita benar-benar kita pacu untuk sesuatu yang bermanfaat. Waktu berpacu dan tak sedetikpun bisa terhenti  oleh keinginan kita, kalau kita menengok ke belakang misal usia kita sekarang 45 th, alangkah singkatnya kenangan 45 tahun itu bila kita ulas balik dari balig hingga 45 tahun  tak membutuhkan waktu hingga dua jam, sungguh pastilah banyak penyesalaan penyesalan yang kita ulas  dari perjalanan hidup kita, rasanya kalo bisa kita ingin mengulang merapikan kehidupan kita yang telah lalu, inilah bentuk penyesalan dengan apa yang pernah kita lakukan dengan masa lalu kita ...,perbaikan masalalu kita bisa kita aplikasikan dengan perbaikan masa kini dan masa depan kita, semoga segala macam keburukan, dosa dan maksiat yang pernah kita lakukan dimasalalu kita redam sekuat tenaga untuk tidak muncul dan terulang kembali sebagai bukti kesungguhan taubatan nasuha kita ... PERBANYAK ISTIGHFAR  untuk meredamnya, ZIKRULLAH untuk mengisi sisa waktu kita, kita nggak ada yang tahu berapa banyak sisa waktu yang kita miliki, mungkin saat ini kita sudah lalui disetengah waktu atau mungkin kita sudah dipenghujung waktu yang kita miliki, Allahualam .... hanya Allah yang menggenggam waktukita Yang Maha Mengetahui ...

Demi Allah ... setiap detik waktu pasti akan dipertanggungjawabkan, dan sangatlah tepat moment ulang tahun adalah moment introspeksi, moment perenungan untuk menganalisa pemanfaatan waktu kita .. muhasabah setiap waktu ... melihat dan mengaku kekurangan diri sendiri sangatlah berat, kecenderungan kita lebih mudah melihat dan mencela kelemahan orang lain ...setiap manusia pastilah punya aib, bersyukur kita Allah menutupi aib kita, hindarkan waktu kita yang sedikit ini untuk mencela dan mencari keburukan orang lain, mari isi waktu kita untuk memperbaiki diri sebagai bentuk muhasabah diri ... orang yang kita gunjing mungkin orang yang sepertiga malamnya  terbangun mengirimkan doa untuk kita ..., bayangkan alangkah malunya nanti kita apabila peradilan itu dibuka ... Nauzdubillah!, semoga kita menjadi hamba Allah yang saling mencintai karena Allah.

Sekali lagi marilah moment Ulang Tahun kita jadikan saat terkhusuk untuk introspeksi, muhasabah ... semoga kita menjadi hamba Allah yang bisa memanfaatkan waktu yang sedikit ini untuk meraih kebahagiaan WAKTU YANG KEKAL KELAK ...Amin Allahuma Amiin 



0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com